Selasa, 10 September 2019

Penyebab Vespa Ngeden / Terhendat2


Vespa kamu ngeden saat berpergian ??? Cepat perbaiki , jangan menunggu sampai masalah yang lain muncul lagi baru membetulkannya. .

Nah kali ini saya akan sedikit membahas penyebab motor vespa kamu ngeden , biasanya ini terjadi saat vespa kamu sedang di pakai . Saat kamu sudah menarik gas sampai full tapi vespa kamu seakan-akan tidak ada tenaganya seperti sedang membonceng satu RT . Bisa jadi mesin motor scooter kamu sedang bermasalah .

Untuk penyebab masalah tersebut sebenarnya bervariatif , jadi coba kamu cek satu-satu kemungkinan masalah yang menyerang scooter kamu  :

  1. Sistem pengapian kurang baik , cekbusi , kabel busi, koil , spul, platina/cdi
  2. aliran bensin tidak lancar
  3. Mesin Overheat , biasanya terjadi jika jarak tempuh vespa sudah melebihi daya tempuhnya atau bisa juga karena kwalitas oli samping yang jelek
  4. kopling slip , kampas kopling sudah tipis
  5. kompresi rendah/tidak padat , mur /baut slinder kendor/slek (jadi mengurangi kompresi) , atau seher + ring seher sudah rusak
  6. kampas rem yang menempel pada disk brakenya
Jacky Cryan : Mohon ijin untuk vespa px mesin tahun 80an ketika jalan terasa terhendat2 dan boros .. Mohon masukan nya para sesepuh
  • Muhamad Ali Almasik : Mungkin itu pengapian , coba cek di plati, busi . . .
  • Jacky Cryan : busi baru, platina sudah di perbaiki
  • Muhamad Ali Almasik : Dmn posisi ?
  • Jacky Cryan : Krian, sidoarjo bang
  • Muhamad Ali Almasik : Wow, kirain bandung
  • Muhamad Ali Almasik : Vespa jalan-jalan tersendat sendat - kalau di moncong karbu muncul suara ngook, akibat jarang servis karbu. Hal ini akibat debu dan air mulai mengendap sehingga mengganggu suplai bensin dari tangki ke karbu hingga masuk ke ruang bakar .
  • Muhamad Ali Almasik : Trik mengatasinya pertama lihatr apakah bensin di tangki motor skuter / motor vespa masih ada dan cukup kirim ke karbu, kemudian pastikan juga keran bensin berfungsi baik dan di vespa side/ ditutup tangki terdapat saringan kotoran. Pengecekan berikut mengarah ke bak karbu. Lihat apakah bensin yg tertampung di bak amat minim lantaran tertahan jarum pelampung yang kemungkinan modif vespa disetel terlalu irit. Jika tidak, jangan lupa cuci endapan kotoran di filter yg ada di tutup bak karbu variasi vespa. Lalu sikat kotoran yg melekat di spuyer hasil kiriman dari tangki dan bak karbu. Caranya gampang tinggal lepas 2 spuyer langsam dan utama yg terpasang di luar bodi karburator. Lalu semprot dengan cairan pembersih. Kalau anda masih bingung bisa langsung ke bengkel modifikasi atau vespa modifikasi terdekat, atau ke bengkel modifiklasi motor .
  • Muhamad Ali Almasik : Insulator berwarna kuning juga coklat . Kondisi mesin terasa tersendat-sendat pada waktu menambah kecepatan (akselerasi) atau pada waktu kecepatan tinggi. Penyebab : Bensin di indonesia dicampur dengan senyawa timah hitam. Bekas pembakaran senyawa ini, menempel pada ujung busi. Bila kendaraan akselarasi atau dengan kecepatan tinggi, senyawa itu akan meleleh sehingga menimbulkan kebocoran listrik dan kegagalan pembakaran.
  • Sandy M S : Superr !!!
  • Jacky Cryan : terimakasih atas masukan e master
  • Muhamad Ali Almasik : ya sama"





0 komentar

Posting Komentar