Kamis, 22 Februari 2024

3 Penyebab Utama Motor Susah di Hidupkan : Pagi Hari


motor mogok
MOTOR MOGOK

Untuk sebagian orang mungkin pernah mengalami kejadian ini . Yaitu masalah susahnya menghidupkan motor  , terutama kebanyakan terjadi pada pagi hari . Untuk orang-orang yang menyalakan motor hanya untuk sekedar memanaskan dan tidak ada aktifitas lain mungkin tidak jadi masalah , tapi bagaimana jika masalah ini terjadi saat anda akan melakukan aktifitas ,,, entah itu berangkat sekolah , bekerja ataupun berpergian ke tempat lain . Bisa jadi membuat anda jengkel . . !!!!

Apalagi jika anda sudah menyelah motor tersebut berkali-kali sampai kaki anda pegal,, akan tetapi tidak ada perubahan yang terjadi , bisa jadi membuat anda semakin naik darahhh . . . hehee

Tapi tahukah kamu, bahwa ada beberapa masalah yang mungkin menjadi penyebab terjadinya motor susah di hidupkan dan anda tidak tahu masalah tersebut . 

1. Busi Basah

Untuk masalah ini banyak sekali orang-orang yang tidak menyadarinya . Biasanya terjadi pada pagi hari saat motor anda selama semalaman tidak di gunakan . Di tambah lagi jika anda menaruh motor tersebut di luar rumah . Saat malam tiba udara di sekitar menjadi dingin dan suhu tersebut membuat suhu mesin motor anda menjadi dingin, dan membuat bensin yang ada di dalam ruang pembakaran mengembun . Bensin yang mengembun tersebut akhirnya menyelimuti kepala busi dan mengakibatkan busi tersebut basah , sehingga saat motor di hidupkan tidak ada percikan api yang keluar di karenakan kondisi busi yang basah .

 2. Bensin Yang Tercampur Air

Masalah ini biasanya terjadi pada anak-anak muda yang hobi merombak motornya . Jika air tersebut masuk lewat tangki bensin mungkin terdengar aneh , kecuali jika sang pengendara yang memang lagi stresss dan sengaja memasukkan air ke dalam tangki tersebut . Tapi bagaimana jika air tersebut masuk lewat saringan udara ?????? . . . kebanyakan anak muda yang hobi merombak motornya dengan sengaja melepaskan saringan udara dengan alasan agar menambah kecepatan motor.nya . Tanpa mereka sadari melepas saringan udara akan mempercepat masuknya berbagai kotoran ke dalam karburator dan menyebabkan air masuk pada sistem pembakarana terutama saat sedang hujan .

3. Settingan Karburator Tidak Pas

Masalah yang terkahir ini mungkin jarang terjadi akan tetapi bisa juga menjadi salah satu penyebab susahnya menghidupkan motor anda .  Karburator sendiri berfungsi untuk mencampur / mengkompresi  udara dan bensin di dalam ruang bakar . jika udara dan bensin tersebut masuk ruang bakar tetapi dengan jumlah yang tidak seimbang bisa mengakibatkan motor tersebut susah untuk di hidupkan . Cara mengatasinya dengan menyetel setelan bensin yang ada pada karburator tersebut menggunakan obeng min . Jika anda tidak mengerti cara menyetelnya bisa di bawa ke bengkel-bengkel terdekat karena cara menyetelnya terbilang mudah dan biaya untuk menyetelnya pun cukup murah .


Jika ada penyebab-penyebab lainnya yang mungkin pernah anda alami silahkan berikan penjelasan di kolom komentar , Sekedar untuk berbagi pengalaman . . Terima Kasih  !!!




0 komentar

Posting Komentar