Senin, 12 Juni 2017

Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir


karburator banjir
KARBURATOR

Perlu diketahui dahulu bahwa penyebab utama karburator motor banjir adalah karena needle valve (Tutup Pelampung)yang tidak menutup secara sempurna. Pada bagian bawah karburator terdapat sebuah ruang pelampung yang digunakan untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya tersebut terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve inilah yang berfungsi sebagai katup untuk membuka dan menutup aliran bensin yang mengalir dari tangki ke karburator.

Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka secara otomatis needle valve akan terbuka  sehingga bensin bisa mengalir, dan saat ruang pelampung sudah terisi penuh , maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Dan jika ruang pelampung sudah terisi penuh namun needle valve tidak menutup secara sempurna maka bensin di runag tersebut akan meluap atau banjir.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya cukup mudah. 

Pertama-tama lepas karburator dari silinder head dengan cara melepas kedua bautnya dan diikuti dengan melepas kabel gas dan kabel cuk. Jika anda masih menggunakan filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut agar memudahkan dalam melepas karburator. 

Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan cara melepas keempat baut yang ada dibagian bawah. Jika sudah buka ruang pelampung maka akan terlihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastic. 

Lepaskan pelampung tersebut dengan cara menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama needle valve. Selanjutnya adalah melakukan penyetelan dengan cara membengkokan keatas  logam yang digunakan untuk dudukan needle valve tersebut. 

Jika sudah pasanglah kembali pelampung beserta needle valvenya dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk , dan gerakan pelampung keatas dan kebawah untuk memastikan pelampung bekerja dengan sempurna. Pastikan juga ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas coba lakukan penyetelan ulang.



0 komentar

Posting Komentar