Kamis, 27 Juli 2017

Bisakah Oli Mobil dipakai Untuk Motor ?? berikut jawabannya . .


oli mobil untuk motor
OLI MOBIL

Bisakah Oli Mobil di pakai Untuk Motor ?? . . . emmm . . Tergantung !!!
motor apa dulu yang sahabat otomotif gunakan ,,,

Sebelumnya apa kalian tahu bahwa kopling terbagi menjadi dua jenis?? . .

Kopling kendaraan bermotor terbagi menjadi dua jenis,, yaitu Kopling Kering dan Kopling Basah . .
terus apa perbedaannya ??
perbedaanya yaitu :

1. Kopling Kering " kopling.nya tidak terendam cairan pelumas atau oli mesin "
2. Kopling Basah " koplingnya terendam cairan pelumas atau oli mesin "

Pada kendaraan Mobil biasanya menggunakan sistem mesin berkopling kering , sedangkan pada kendaraan motor terbagi menjadi dua , , ada yang menggunakan sistem mesin berkopling kering (biasanya motor skutik atau matic) dan ada juga yang menggunakan sistem mesin berkopling basah (motor bebek/bertransmisi) . .

Oli mobil biasanya dilengkapi dengan bahan dasar dengan kategori Friction Modifier, yaitu sejenis Zat Aditif yang membuat oli tersebut semakin lama semakin licin . untuk mesin mobil dan motor matic yang menganut kopling kering hal tersebut tidaklah bermasalah , tetapi beda halnya dengan motor bebek/bertransmisi pada umumnya yang menggunakan kopling basah(terendam oli) . Semakin licin oli tersebut maka akan semakin besar pula terjadinya SLIP KOPLING  . . 

Slip Kopling membuat tenaga yang dihasilkan mesin motor tidak tersalur dengan baik, biasanya motor tersebut larinya pelan walaupun gas sudah kita tarik mentok dan mesin mengerung kencang .
Lebih bahaya lagi jika kita sedang dalam keadaan mendaki di daerah pegunungan atau puncak , bisa kita bayangkan apabila motor yang sedang kita kendarai tersebut malah berjalan mundur ke belakang walaupun gass sudah kita tarik sampai mentokk  ,,

Apalagi ada jurang tepat di belakang kita sedang menantiii . . . !!!! Hahahahaaaa . . . .



Jadi dari penjelasan panjang di atas, kalau menurut saya pribadi secara logika oli mesin mobil memang bisa di gunakan pada mesin motor kita,, 

Hanya saja di HIMBAU AGAR TIDAK MELAKUKANNYA,, kecuali untuk motor matic  !!!

Alangkah bijaksananya jika kita memilih oli mesin yang benar dan tepat,  yang sudah di anjurkan oleh perusahaan motor tersebut . . . Selain untuk menjaga keselamatan kita juga untuk menjaga keselamatan orang-orang di sekitar kita .

Semoga Bermanfaat ,, Terima kasih  !!!!

0 komentar

Posting Komentar