Kamis, 27 Juli 2017

Penyebab Kinerja Kopling Kurang Maksimal



Mungkin anda pernah merasakan saat dimana tarikan sepeda motor anda terasa berat , dan ketika di gas motor tidak mau lari secara maksimal. . jika terjadi pada motor anda mungkin salah satu penyebabnya yaitu kinerja kopling yang kurang maksimal .

Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi performa mesin pada motor anda, namun penyebab yang kadang tidak disadari oleh pengendara yaitu kinerja pada sistem kopling, dan kebanyakan terjadi pada mesin dengan kopling manual. Di tambah lagi dari faktor pengendara yang malas dan jarang merawat kendaraannya.

Kinerja kopling yang kurang maksimal bisa disebabkan
karena karet dumper yang rusak ataupun komponen rumah kopling yang haus karena faktor pemakaian dan usia. Setiap komponen mesin sepeda motor memang meiliki usia pemakaian yang berbeda-beda, namun usia pemakaian juga bisa lebih panjang atau lebih pendek tergantung dari perawatannya juga.

Pada kasus rumah kopling aus bisa terjadi karena pemilik sepeda motor lupa mengganti karet dumper yang rusak atau mengganti plat kopling yang sudah tipis sehingga memakan badan dari rumah koplingnya. Kejadian seperi ini tidak hanya menyebabkan motor kehilangan performa tapi juga kadang membuat motor susah untuk dihidupkan.

Solusi terbaik untuk mengatasi rumah kopling yang haus adalah mengganti rumah kopling itu sendiri dengan yang baru . Namu jika anda memang belum sempat menggantinya dengan yang baru baik karena faktor waktu ataupun faktor harga yang cukup tinggi , anda bisa mengakalinya dengan mengganjal rumah kopling tersebut dengan menggunakan salah satu plat kopling lama yang sudah tidak terpakai. jangan lupa ganti plat kopling utama dengan yang baru, karena plat kopling bekas hanya di pergunakan untuk mengganjal saja .
 
Walaupun hanya sementara tapi cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi rumah kopling yang haus , dan hasilnya pun dapat dirasakan . tarikan dan performa sepeda motor pun pasti berbeda dari yang sebelumnya .



0 komentar

Posting Komentar