Kamis, 27 Juli 2017

Penyebab Busi Cepat Kotor dan Rusak

busi jelek
BUSI KOTOR

Ada banyak sekali berbagai faktor penyebab dan masalah yang mengakibatkan kotornya busi atau bahkan membuat busi motor tersebut menjadi rusak . Akan tetapi kali ini saya akan menjelaskna hanya beberapa masalah saja yang bisanya terjadi dan sering di alami oleh para pengendara motor .


1. Banjir Oli

Hal ini bisa terjadi saat ring seher (piston) mulai aus dan mengakibatkan oli yang terdapat pada mesin masuk ke dalam ruang bakar dan mengakibatkan busi menjadi kotor . Atau bisa juga karena kesalahan pemilik motor dalam mengisi takaran oli yang berlebihan / di ambang batas standard .

2. Kebocoran Kompresi Mesin

Kebocoran kompresi membuat pembakaran pada mesin menjadi tidak sempurna dan terkadang membuat tenaga mesin menjadi ngempos khususnya pada saat kecepatan tinggi . Akibat kebocoran ini membuat busi menjadi kotor serta berwarna hitam pekat dan jika dibiarkan terlalu lama akan membuat busi tersebut menjadi rusak .

3. Setelan Karbu Tidak Pas

Jika setelan karbu tidak pas khususnya daya hisap bensin yang masuk ruang bakar telalu berlebihan , akan membuat ruang bakar menjadi banjir serta mengakibatkan busi menjadi korslet dan mengakibatkan busi tersebut menjadi mati .

4. Korsleting Pada Komponen Pengapian

Pada kasus ini terjadi saat komponen kelistrikan lainnya rusak , seperti koil , CDI ataupun jalur kabel motor yang terbakar . Biasanya akan mulai muncul seperti kondisi motor yang brebett saat di kendarai .

5. Pemasangan Busi Longgar

Walaupun jarang terjadi , tapi kasus ini juga menjadi salah satu penyebab kotor serta rusaknya komponen busi . Biasanya terjadi karena pemasangan busi yang terkesan asal-asalan serta alur drat busi yang mulai habis atau doL .



Terima Kasih

0 komentar

Posting Komentar