Kamis, 27 Juli 2017

JENIS-JENIS BUSI dan KEMAMPUANNYA


busi
BUSI MOTOR
Ok teman-teman ,, kali ini kita akan membahas salah satu suku cadang
yang ada di dalam suatu mesin, yang nama.nya pasti sering kita dengar !!! apalagi jika kalian semua para pacinta otomotif ,,, yaitu BUSI . .

Pengertian Busi :

Busi atau dalam bahasa inggris yang berarti spark plug adalah suatu suku cadang yang di pasang di dalam mesin pembakaran dengan ujung elektrode pada ruang bakar.
Busi tersebut di pasang bertujuan untuk membakar bensin yang telah di kompres oleh piston. Cara kerjanya yaitu busi akan memercikkan bunga api yang di perlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah di kompresi, sehingga terjadi langkah usah.
Walaupun pada umum.nya busi mempunyai cara kerja yang sama akan tetapi busi juga memiliki berbagai tipe atau jenis. Dan kegunaannya/fungsinya juga bermacam-macam, tergantung dari kebutuhan yang akan kita pergunakan.

Jenis - jenis busi :

  •  Busi standard
Busi ini biasanya bawaan dari motor pabrikannya, dalam kondisi pembakaran normal tanpa ada kendala seperti faktor oli mesin, konsumsi bbm yg berlebihan atau penggatian spek karbu , busi ini bisa bertahan sampai 20 rb km . Bahan ujung electroda busi ini terbuat dari nikel dan diameter center electrodanya rata-rata 2,5mm .

  • Busi Iridium
Busi ini bisa dikatakan semi kompetisi, biasa di pergunakan untuk motor non standard. Busi ini sangat cocok untuk motor bermesin besar di atas 150cc, ciri khas busi ini ujung electrodanya terbuat dari nikel dan center electrodanya terbuat dari iridium alloy berwarna platinum buram. Busi ini biasanya berumur lama dan mampu bertahan dari 50-70rb km.

  • Busi racing
Busi ini didesain dan di buat dengan bahan yang tahan terhadap kompresi tinggi serta temperatur mesin yang tinggi dan juga dipersiapkan agar mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration. Busi racing cenderung memiliki diameter center electroda yang relatif kecil meruncing seperti jarum. Umur busi ini pun terbilang pendek sekitar 20rb-30rb km.

  • Busi platinum
Busi ini banyak disukai oleh kalangan bikers dan penyuka touring karena kemampuannya. Ujung electroda terbuat dari nikel dan center electroda terbuat dari platinum sehingga pengaruh panas yang dihantarkan ke metal platinum lebih kecil. umur busi ini juga bisa mencapai 30rb km.

  • Busi Resistor
Ini dia jenis busi yang kadang sering mengecoh konsumen karena mempunyai logo huruf R dengan font miring yang melekat pada body busi. Banyak orang mengiri huruf R tersebut singkatan dari RACING padahal arti huruf tersebut adalah RESISTOR. Busi ini dipakai untuk melindungi berbagai perangkat elektronik digital motor, seperti speedometer dan yang lainnya.


0 komentar

Posting Komentar