Kamis, 22 Februari 2024

Kegunaan Autosol : Pengkilap Mesin Motor dan Mobil

pengkilap mobil atau motor
AUTOSOL

Metal Polish atau Autosol merupaka produk yang berguna untuk mengkilapkan bahan metal seperti : Besi , Aluminium ataupun Stainless Steel . Walaupun kegunaanya untuk berbagai macam barang metal , akan tetapi autosol ini lebih banyak di gunakan untuk membersihkan komponen kendaraan bermotor seperti blok mesin mobil , motor dan juga velg .


Pada komponen kendaraan motor ada banyak sekali yang bisa di kilapkan menggunakan autosol seperti tuas rem , tuas kopling ataupun bagian-bagian lainnya yang terbuat dari bahan metal . Namun dalam penggunaanya harus di pastikan dahulu bagian yang ingin di poles bersih dari kotoran ataupun cat .

Tahap Pertama

Jika bagian yang ingin di poles terdapat cat pada komponen tersebut , bisa di hilangkan menggunakan paint remover ataupun soda api . Menggunakan soda api sebenarnya terbilang cukup mudah karena cara menggunakannya cukup mengoleskan soda api tersebut pada bagian tertentu menggunakan kuas . Jika sudah selesai cat yang menepel tersebut akan dengan sendirinya mengelupas ataupun rontok .

Jika ingin menggunakan metode ini di harap berhati-hati dalam menggunakannya , karena soda api merupakan zat yang sangat berbahaya . Jika terkena kulit bisa mengakibatkan kulit terasa terbakar dan jika terkena dalam jumlah yang banyak bisa membuat kulit anda melepuh .

Tahap Kedua

Sesudah bagian tersebut bersih dari berbagai cat dan kotoran anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya , yaitu menghaluskan bagian tersebut menggunakan amplas halus agar bagian yang ingin dipoles benar-benar bersih dan rata . Jika sudah selesai sapu kembali bagian tersebut menggunakan kain kering dan bersih .

Tahap Ketiga 

Jika sudah selesai kita memasuki tahap terakhir, yaitu pemolesan . Untuk tahap ini keluarkan Autosol secukupnya kemudian taruh pada bagian metal tersebut . Ambil kain kering dan Gosok bagian tersebut secara terus-menerus dalam satu arah sampai bahan metal tersebut terlihat mengkilap . Jika dirasa hasil yang anda coba kurang memuaskan , anda bisa menambahkan lagi takaran autosol tersebut . Kemudian lanjutkan kembali menggosok bagian tersebut sampai dirasa sudah cukup mengkilap .

Demikian penjelasan mengenai kegunaan Autosol dan cara menggunakannya , semoga bermanfaat .
Terima Kasih




1 komentar: