Jumat, 23 Februari 2024

Penyebab Asap Hitam Pada Knalpot Motor


asap knalpot
ASAP KNALPOT

Halo sahabat otomotif ,, kali ini saya akan membahas beberapa masalah yang mungkin pernah kita jumpai atau mungkin pernah kita alami sendiri . Yaitu keluarnya asap yang berwarna hitam pada knalpot motor . .
Keluarnya asap hitam pada knalpot motor selain mengganggu para pengguna jalan lainnya , asap ini juga dapat menyebabkan polusi udara yang berdampak pada pencemaran udara di sekitarnya dan dapat menimbulkan efek penyakit pernafasan pada para pengguna jalan yang tidak sengaja menghirupnya. .

Pada umumnya kendaraan yang sering mengeluarkan asap hitam di jalan raya adalah kendaraan besar beroda 6 atau lebih seperti : Bus, Truk, Container, Fuso dan mobil besar lainnya. Akan tetapi tidak jarang juga kita menjumpai beberapa kendaraan bermotor roda 2 atau motorcycle yang mengeluarkan asap hitam pekat di jalanan khususnya jenis-jenis motor tua.
Walaupun demikian , bukan berarti motor baru tidak bisa mengeluarkan asap hitam lhoo . . .
karena perawatan yang berkala dan cara pakai pengguna yang baik mempengaruhi tingkat kinerja motor tersebut !!!!

Penjelasan keluarnya Asap Hitam pada Knalpot Motor !!!

"Penyebab Asap Hitam pada knalpot motor pada umumnya disebabkan karena sistem pembakaran yang tidak sempurna"

Berikut beberapa masalah yang sering terjadi penyebab pembakaran mesin kendaraan bermotor tidak sempurna :

1.  Klep In Bocor
  • Klep In yang bocor menyebabkan pasokan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terlalu banyak  dan menyebabkan ketidak seimbangan pembakaran. Idealnya campuran bahan bakar dan udara adalah 1 banding 13 .
2. Filter Udara kotor
  • Filter udara berfungsi untuk menyerap kotoran dan menyaringnya, filter yang kotor menyebabkan ruang pembakaran bekerja tidak maksimal dan menyebabkan keluarnya asap hitam pada knalpot .
3. Busi Rusak
  • Busi yang rusak menghasilkan percikan bunga api yang kecil pada ruang bakar , sehingga membuat pembakaran berlangsung tidak sempurna dan menghasilkan asap hitam pekat pada hasil pembakaran .
4. Ruang Bakar Berkerak
  • Pembakaran yang berlangsung tidak sempurna dapat menyisakan kerak yang menempel pada dinding ruang pembakaran dan mengakibatkan timbulnya asap hitam .
5. Knalpot Kotor
  • Penyebab terakhir adalan adanya sisa-sisa karbon yang menumpuk pada bagian dalam knalpot motor. Biasanya terjadi karena para pengguna motor yang membawa kendaraannya terlalu pelan sehingga udara yang tersalurkan keluar , tidak keluar secara sepenuhnya dan menyisakan zat karbon yang menempel pada bagian dalam knalpot .

Berikut ulasan penyebab asap hitam yang di hasilkan oleh knalpot, ,semoga bermanfaat !!!  tidak lupa pula untuk teman-teman agar merawat dan menservice kendaraanya secara berkala agar   kondisi kendaraannya tetap prima.

Terima Kasih


0 komentar

Posting Komentar