Kamis, 22 Februari 2024

Penyebab Masalah Yang Mempengaruhi Umur Aki Motor


perawatan aki motor
AKI MOTOR

Baterai atau Aki motor merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting pada sebuah kendaraan , khususnya kendaraaan motor yang saat ini beredar yang selalu mengandalkan elektrik starter dalam menghidupkan mesin .

Panjang atau pendeknya umur aki di pengaruhi oleh berbagai faktor ,,, Selain dari segi perawatan , umur aki juga di pengaruhi oleh adanya pemasangan komponen perangkat elektronik tambahan yang berlebihan . Dedy Ismanto , selaku Product Manager Automotive Aftermarket PT Robert BOSCH menjelaskan beberapa infomasi terkait hal-hal apa saja yang dapat mempengarui umur aki :

  1. Faktor Kelalaian , Kebanyakan bikers di indonesia biasanya langsung mengganti aki motornya tersebut dan tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu . Misalnya saja pengecekan takaran cairan elektrolit pada aki tersebut . Apakah melebihi kapasitas ataukah justru kurang dari ukuran standard.nya . 
  2. Pemilihan Tipe Aki , Biasanya para pengguna motor dalam memilih aki hanya memperdulikan merk aki yang dia beli saja . Apakah aki tersebut cukup terkenal dan memiliki kualitas yang baik di mata publik . Kualitas memang di perlukan akan tetapi tipe aki yang di pilih pun harus sesuai , apakah tegangan aki yang di beli tersebut sama dengan standard tegangan aki bawaanya atau tidak . Jika berbeda , tegangan aki yang tidak stabil dapat mempengaruhi sistem kelistrikan pada motor tersebut .
  3. Penggunaan Perangkat Berlebih , Saat ini banyak sekali pengendara yang memanfaatkan kelistrikan motornya untuk di gunakan sebagai tempat mengisi energi handphone mereka . Adapula yang menambahkan aksesoris lampu yang berlebihan , bahkan menambahkan perangkat elektronik tidak berguna lainnya sepeti sound system . Entah apa yang mereka pikirkan padahal peerangkat-perangkat tersebut dapat menambah beban energi yang harus di keluarkan oleh aki .


0 komentar

Posting Komentar