Kamis, 22 Februari 2024

Mengenal Busi Iridium


busi iridium
BUSI MOTOR

Dalam sistem pengapian kendaraan bermotor mungkin untuk beberapa orang sudah tau tentang komponen yang satu ini . Busi Iridium ,,, Busi ini terkenal akan harganya yang lebih mahal ketimbang busi lainnya akan tetapi mempunyai banyak keunggulan ketimbang busi-busi lain pada umumnya .

Perbedaan Busi Iridium ini dengan busi standard lainnya adalah bahan pembuat ujung inti elektroda.nya ( bagian yang memercikkan api ) terbuat dari iridium alloy . Sejak akhir abad 20 , Iridium digunakan dalam bentuk alloy ( bahan campuran metal ) sebagai bahan pembuat busi .

Kombinasi Iridium Alloy menghasilkan konduksi yang lebih baik dan materialnya tahan dalam kondisi ekstrim dengan titik leleh sampai 2.500 'C . Sehingga membuat umur busi iridium ini lebih panjang ketimbang busi-busi biasanya . 

Selain itu , kelebihan busi ini adalah mengurangi beban arus listrik pada saat mesin di hidupkan karena tegangan listriknya lebih kecil . Bentuk ujung inti elektroda yang meruncing membuat percikan api yang keluar fokus terhadap satu titik serta menghasilkan posisi bakar yang pas saat proses pembakaran di ruang mesin .

Menurut beberapa sumber keuntungan lainnya memakai busi ini adalah meningkatkan tingkat efisiensi bahan bakar , meningkatkan tenaga mesin sampai beberapa persen dan mengurangi kadar emisi yang di hasilkan oleh  gas buang mesin .



0 komentar

Posting Komentar