Kamis, 22 Februari 2024

5 Penyebab Roda Depan Motor Terasa Bergoyang ( OLeng )

motor oleng
MOTOR TIDAK STABIL

Mungkin anda pernah merasakannya saat sedang mengendarai motor anda , tiba-tiba stang motor terasa tidak stabil dan bergoyang entah itu ke kanan ataupun kekiri padahal jalan yang sedang anda lintasi tersebut lurus . Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi penyebab terjadinya masalah seperti itu , misalnya saja motor tersebut pernah jatuh atau melibas jalan berlubang pada kecepatan tinggi . Jika stang motor anda terasa bergoyang atau oleng lebih baik melakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat di kendarai .


Adapun beberapa hal yang harus anda periksa sebagai berikut :

1. Periksa Velg

Coba cek kondisi velg anda , apakah ada bagian-bagian pada velg anda yang bengkok ?? biasanya terjadi karena anda menghantam jalan berlubang pada kecepatan tinggi . Jika benar karena kondisi velg yang bengkok anda bisa memperbaikinya ke tukang press velg . Jika kondisi velg tersebut cukup parah lebih baik ganti yang baru .

2. Periksa Ban

Ban juga sangat mempengaruhi kestabilan pada motor saat di kendarai . Bisa jadi ban yang sedang anda gunakan tidak rata atau terdapat benjolan pada sisi-sisinya entah itu karena bekas tambalan ataupun memeang kondisi ban yang sudah aus . Jika dirasa ban yang sedang anda gunakan masih bagus, coba cek tekanan angin tersebut , mungkin saja tekanan anginnya kurang .

3. Cek Kondisi Bearing / laher

Kondisi bearing yang sudah aus ataupun rusak parah dapat menyebabkan ban motor anda terasa oleng . Coba cek kondisi bearing motor anda dengan cara di standar dua kan , kemudian coba goyangkan velg motor anda ke kanan dan kekiri . Jika bearing aus atau ada bantalan peluru yang pecah velg yang anda goyangkan tersebut akan terasa oblag . Jika terjadi demikian lebih baik anda menggantinya dengan yang baru .

4. Periksa Shockbreaker

Fungsi shockbreaker adalah untuk menyerap/ meredam benturan yang di hasilkan oleh ban . Jika shock yang sedang di pakai masih bagus seharusnya tidak terjadi gejala apapun . Tapi jika shock yang sedang anda gunakan rusak entah itu karena bocor ataupun penyok . Maka segeralah di bawa ke bengkel motor terdekat . karena untuk masalah seperti ini cukup sulit jika di tangani oleh anda sendiri , apalagi jika masih awan mengenai perbaikan motor .

5. Cek Komstir

Komstir sendiri berada di antara segitiga garpu depan dan rangka motor , komponen ini berguna untuk mengendalikan putaran roda saat anda berbelok . Sebenarnya bagian ini sangat jarang mengalami kerusakan , akan tetapi dengan pemakaian yang kurang baik dan lamanya waktu pemakaian , komponen ini pun dapat mengalami kerusakan . Biasanya terjadi gejala seperti stang depan tersasa oblak , berat saat di belokkan dan terasa kasar saat menghantam gajlugan .




0 komentar

Posting Komentar