Kamis, 22 Februari 2024

Perbedaan Lampu HALOGEN, LED dan HID

Berikut penjelasan mengenai perbedaan lampu halogen, led dan hid :

LAMPU HALOGEN

Lampu ini mampu menyala lebih terang dibandingkan lampu bohlam standard biasanya, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang memilih untuk memakai lampu ini bukan hanya karna harganya saja yang cukup murah akan tetapi karena lampu ini juga mudah didapatkan dan tersedia hampir di semua bengkel motor maupun pusat penjualan suku cadang kendaraan bermotor.

lampu halogen
LAMPU MOTOR

Lampu Halogen memiliki intensitas cahaya yang cukup terang dan mampu menembus kabut sehingga lampu
ini juga kerap digunakan untuk pemakaian motor/mobil off road atau kendaraan lainnya yang sering melintas di daerah- daerah pegunungan.

Walaupun memiliki cahaya yang cukup terang, akan tetapi karena lampu ini memiliki sistem kerja yang konvensional membuat lampu ini memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan lampu jenis LED ataupun HID. Yang pertama adalah lampu ini mengkonsumsi daya listrik yang cukup tinggi (minimal 55 watt) sehingga waktu pemakaian aki pun cenderung lebih boros. Kedua, Lampu ini juga kerap menghasilkan panas yang berlebih sehingga kerap membuat lampu menjadi cepat buram dan sering membuat dudukan mika/rumah lampu kendaraan meleleh.

LAMPU LED (LIGHT EMITTING DIODES)

Lampu LED yang merupakan singkatan Light Emitting Diodes merupakan lampu yang menggunakan chip semikonduktor dengan hambatan yang memancarkan cahaya monokromatik. Tidak seperti lampu Halogen, Lampu LED ini menghasilkan cahaya yang tidak panas. Oleh sebab itu komponen-komponennya juga menjadi jauh lebih awet jika dibandingkan lampu halogen.

lampu led

Lampu ini menjadi salah satu lampu favorit para bikers, selain harganya yang tidak menguras kantong lampu ini pun hemat energi sehingga membuat umur aki menjadi lebih awet. Lampu LED sangat cocok untuk diaplikasikan pada kendaraan bermotor. Selain digunakan untuk kendaraan bermotor lampu ini juga banyak ditemukan pada komponen peralatan listrik dirumah seperti televisi. monitor, senter, laptop dan perangkat elektronik lainnya.

LAMPU HID (HIGH IDENSITY DISCHARGE)

Lampu HID yang merupakan singkatan dari High Idensity Discharge terbuat dari campuran gas dan logam langka yang menghasilkan nyala sangat terang seperti sinar matahari yakni putih terang yang menyebar ke semua arah. Akan tetapi para pengguna lampu ini dihimbau untuk berhati-hati dalam pemakaiannya dikarenakan intensitas cahayanya yang sangat tinggi kerap kali membuat silau kendaraan dari arah yang berlawanan terutama saaat berpapasan di malam hari. Adapun keunikan dari lampu jenis ini adalah mampu menghasilkan cahaya yang optimal kira-kira setelah 15 detik sejak dinyalakan. Jadi bisa dibilang lampu ini butuh pemanasan !!! hehee . Adapu kekurangan lampu ini harganya yang cukup mahal dibandingkan lampu Halogen ataupu LED.

lampu hid


Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil adalah, jika kita ingin membeli lampu dengan harga yang terjangkau lampu Halogen merupakan pilihan yang tepat. Namun jika ingin mendapatkan intensitas cahaya yang cukup terang dan tidak boros aki, Lampu LED merupakan pilihan yang terbaik. Tetapi jika kita ingin mendapatkan cahay yang maksimal terutama jika memakainya di daerah pegunungan, hutan dan tempat gelap lainnya, apa salah.nya membeli lampu HID walaupun dengan harga yang cukup mahal. Semua tergantung dari kebutuhan dan tujuan anda masing-masing !!!!

Terima kasih



Artikel :


0 komentar

Posting Komentar