Jumat, 23 Februari 2024

7 MACAM PENYAKIT SATRIA FU dan CARA MENGATASINYA

new satria fu150
SATRIA FU150
Siapa yang tidak kenal dengan motor yang satu ini ??
Selain desain.nya yang sporty dan tampilan.nya yang elegan, motor underbone ini juga mempunyai performa yang sangat besar dan merupakan motor bebek tercepat di kelas.nya. Akan tetapi kali ini, saya akan membahas tentang 7 macam penyakit satria fu yang
sering di keluhkan oleh para rider dan cara mengatasinya :

1. Mesin Cepat Panas
solusi :
  • Ganti oli dengan tingkat kekentalan SAE10W-40 .
  • Perbaiki bagian sirip oil cooler (jka bengkok) dan bersihkan oil cooler dari segala kotoran yang melekat agar tidak mengurangi kemampuan pendinginan.nya .
  • Bersihkan bagian blok mesin dari kotoran, lumpur ataupun kerak yang menempel agar tidak menghambat pelepasan hawa panas pada mesin .

2. Susah Netral
solusi :
  • Ganti oli bawa.an dengan oli semi sintetik atau full sintetik .
  • Rubah jarak setelan kopling agar lebih jauh (bisa di setel dari handle kopling atau dari bagian bawah kabel kopling) .

3. Suara Mesin Berisik
solusi :
  • Ganti Per Tensioner bawa.an dengan Per Aftermarket yang lebih keras .
  • Bisa juga mengganti Tensioner Adjuster bawa.an dengan tensioner manual atau rakitan . Biasanya dibuat dari baut ukuran 12 untuk mengganti tonjokan tensioner .

4. Knalpot Sering Nembak
solusi :
  • Periksa Busi, Selang PAIR (Pulsed Secondary Air Injection) dan Pilot Jet .
  • Kerenggangan celah busi standard Satria FU adalah 0,7-0,8 mm . Jika terlalu rapat efeknya kurang sempurna, dikarenakan bensin yang masuk ruang bakar banyak namun letupan api yang dihasilkan kecil dan ujung2nya timbul ledakan pada saluran gas buang . 
  • Selang PAIR biasanya lepas, bocor, atau robek. Periksa dan jangan lupa bersihkan Klep Pair.nya juga. Setting ulang Spuyer Karbu dan ganti pilot jet dengan ukuran yang lebih besar bila diperlukan .



0 komentar

Posting Komentar