Kamis, 22 Februari 2024

Ciri - Ciri Shock Depan Motor Bocor



shock bocor
SHOCK MOTOR

Shock motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor . Shock sendiri memiliki gaya pegas yang berfungsi untuk meredam guncangan yang terjadi saat kita mengendarai sepeda motor . Umumnya bila shock berhenti berfungsi atau rusak akan berakibat ketidaknyamanannya berkendara bahkan mengancam keselamatan pada pengendaranya.
 
Oleh sebab itu sangat disarankan pada para pengendara untuk selalu mengecek kondisi kendaraannya demi keselamatan bersama .
Untuk kasus shock depan yang rusak pada umumnya sering terjadi dengan ditandainya gejala keluarnya oli yang mengalir melewati karet shock atau biasa disebut bocor . Shock yang bocor ini bisa terjadi karena adanya celah antara karet seal dan as shock . adapun penyebab lain karena as shock yang tergores ataupun bengkok .
 
Untuk as shock yang tergores bisa terjadi karena adanya kotoran yang masuk kedalam tabung shock ataupun umur as yang sudah tua, dan untuk as shock yang bengkok bisa terjadi karena as sering mengangkat beban yang berlebihan ataupun akibat kecelakaan .
 
Untuk ciri-ciri lain as shock yang rusak adalah susahnya berbelok saat berkendara , ini terjadi karena gaya pegas yang dihasilkan shock tidak bekerja atau mati .  Jika terjadi masalah-masalah demikian di anjurkan kepada pengendara untuk segera membawanya ke bengkel motor terdekat di rumah anda . Karena bila di diamkann saja dapat menyebabkan as shock rusak parah dan harus diganti dengan yang baru dengan biaya yang tergolong cukup mahal .
 
Adapun tips yang di anjurkan untuk menjaga performa shock anda : 
  • Jangan paksakan sepeda motor membawa beban yang terlalu berat khususnya di bagian depan 
  • Hindari lubang-lubang di jalan raya karena benturan yang terjadi dapat mengakibatkan as shock bengkok  
  • Utamakan kebersihan as shock khususnya dari kotoran dan debu yang menempel
Demikian ciri-ciri as ashock depan motor yang rusak atau pun bocor dan tips merawatnya , semoga bermanfaat !!!!

 
Terima kasih


0 komentar

Posting Komentar