Jumat, 23 Februari 2024

Bedanya Air Aki dan Accu Zuur


AIR AKI

Mungkin untuk sebagian orang sudah tahu dengan yang namanya air aki,, Namun apakah anda tau bahwa air aki sebenarnya terbagi menjadi dua macam ???  . . yaitu air aki biasa dan accu zuur . . .

Terusss apa sajakah perbedaannya ??? . . serta kegunaannya dari masing-masing air aki tersebut . . .


Nah Kali ini saya akan menjelaskan sedikit penjelasan tentang perbedaan air aki biasa dan accu zuur , semoga dapat di pahami . .

Dari Fisiknya
  • Air Aki biasa biasanya di kemas dengan warna kemasan / botol berwarna biru , atau ada juga dengan kemasan botol berwarna putih dan di bungkus dengan tutup berwarna biru . Dari segi warna , air aki biasa berwarna bening seperti warna air mineral .
  • Accu Zuur biasanya di kemas dengan warna kemasan/botol berwarna merah, atau ada juga dengan kemasan botol berwarna bening dan dibungkus dengan tutup berwarna merah . Dari segi warna Accu Zuur berwarna keruh dan sedikit kental .
Dari Bahannya
  • Air aki biasa (Biru) sebenarnya terbuat dari air murni yang sudah melewati proses pemurnian agar sifatnya menjadi netral . Sejak dahulu air ini dibuat dengan teknik penyulingan , yaitu air murni yang dipanaskan kemudian uapnya di tampung untuk di jadikan accu zuur . Akan tetapi karena proses pembuatannya yang cukup merepotkan dan memakan waktu , Accu Zuur saat ini biasa dibuat dengan teknik Demineralisasi . Demineralisasi yaitu teknik pemurnian air dengan cara menyaring air tersebut kemudian menambahkannya dengan cairan kimia agar air tersebut terbebas dari berbagai unsur Logam yang mengikat .
  • Accu Zuur (Merah) sendiri sebenarnya adalah larutan asam sulfat (H2S04) dan didalamnya juga mengandung larutan elektrolit yang mampu mengikat listrik/setrum . Untuk berat jenis Accu Zuur yang biasa dijual dalam botol merah adalaha 1.26 , angka tersebut menunjukan berat jenis air setelah di campur sulfur . Biasanya toko kimia menjual sulfur dengan berat jenis 1.8 .
Kegunaannya
  • Air Aki biasa (Biru) di gunakan hanya untuk menambahkan cairan pada aki jika kondisi air aki tersebut sudah berkurang atau sudah melewati garis pembatas .
  • Accu Zuur (Merah) di gunakan untuk mengisi PERTAMA KALI cairan pada aki pada saat kita membeli aki .
 TIPS
  • Jangan pernah menambahkan cairan Accu Zuur (Merah) untuk menambahkan, saat cairan aki berkurang . Karena Accu Zuur dapat merubah Ukuran Jenis (H2S04) pada aki menjadi berbeda , dan dapat mengakibatkan aki menjadi cepat rusak . Berbeda halnya jika kita menambahkan Air Aki (Biru) karena sifatnya yang netral makanya walaupun di tambah sebanyak apapun tidak akan merubah ukuran jenis larutan sulfat tersebut (H2S04) .
  • Harap berhati-hati jika terkena Accu Zuur, karena mengandung sulfur dapat membuat kulit kita menjadi gatal-gatal dan membuat berbagai benda menjadi bolong/meleleh . Serta dapat membuat Besi menjadi korosi (karat) .


 Demikian Penjelasan yang dapat saya sampaikan , semoga bermanfaat  !!!!


0 komentar

Posting Komentar